Kegiatan mengajar di SDN Kemanggisan 06 Pagi dalam penerapan mata kuliah Character Building bersama Teach For Indonesia.
Kelas : LD66
Dosen : Linus
Waktu : 25 April 2016
Pukul : 06.30-09.00
Lokasi : SDN Kemanggisan 06 Pagi
Alamat : RT.5/RW.2, Kemanggisan, Palmerah, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia
Tim yang hadir :
Ketua :
-Nabylla Renatha Salsabyla AE
Anggota :
-Andrew Alexander
-Dini Rahmasari
-Ezell Josephat
-Marcel Danar
-M.Risyad
-Trianda Alifka
Proses Mengajar Minggu Keenam
Pada minggu terakhir mengajar tidak ada perubahan dalam masalah jam masuk dan berkumpul,kami tetap datang jam 7.30 dengan kendaraan sendiri-sendiri dan langsung berkumpul di sekolah SDN 06.Sesampainya di sekolah seperti biasa,kami langsung mengikuti acara upacara bendera sampai selesai.Tetapi pada minggu terakhir ini kami memerhatikan bahwa anak-anak sedikit tidak bisa di atur saat mengikuti upacara bendera tersebut.Tidak seperti minggu-minggu sebelumnya dimana setiap murid mengikuti kegiatan upacara dengan sangat baik tetapi pada minggu terakhir ini kami melihat anak-anak menjadi sulit di atur tetapi para guru langsung sigap menyelesaikan masalah ini.Anak-anak yang berbicara terus-menerus dipisahkan sehingga upacara pun berjalan normal kembali.Sama dengan sebelum-sebelumnya upacara pun selesai pada pukul 7.30.Tetapi sama dengan minggu keempat,terdapat pememtasan seni yaitu marching band yang diisi oleh siswa-siswi SDN 06 sendiri.Kali ini mereka tetap memainkan lagu-lagu tradisional Indonesia seperti : ampar-ampar pisang,yamko rambe yamko dll.Pementasan berjalan hanya 15 menit setelah selesai anak-anak langsung masuk ke kelas nya masing-masing dan menyiapkan buku-buku yang di perlukan untuk proses belajar mengajar hari itu.Pada minggu terakhir ini kami meminta kepada guru SDN 06 untuk membagi kami menjadi 3 kelompok dan mengajar kelas 6A,6B dan kelas 4 kembali karena kami ingin melanjutkan tugas kami yang tidak terselesaikan kemarin.Guru-guru SDN 06 pun menyetujuinya sehingga kami di berikan buku panduan dan buku mata pelajaran tersebut.Kami pun langsung naik dan langsung masuk ke kelas untuk mengajar.
Pada kelas 6A dan 6B,kami berencana untuk melanjutkan membahas soal UN nomor 1-40 yang sempat tertunda minggu lalu,tetapi ternyata sudah di selesaikan oleh Guru SDN 06.Sehingga kami langsung membahas soal-soal latihan berikutnya dimana siswa-siswi telah menjawab soalnya tersebut pada hari sebelumnya.Pembelajaran yang kami terapkan pun tidak berbeda dari minggu lalu,kami tetap menuyuruh siswa-siswi untuk maju ke depan dan menulis jawaban mereka dengan cara mereka menjawab di papan tulis.Setalah beberapa anak maju lalu kami bersama-sama membahas soal tersebut.Disini kami lebih membentuk siswa-siswi untuk mengetahui cara atau bagaimana cara penerapakan atau cara berpikir untuk menyelesaikan sebuah soal sehingga kami tidak terlalu memperdulikan hasil akhir tetapi kami lebih menerapkan bagaimana cara menyelesaikan soal demi soal.Karena menurut kami jika pola pikir siswa-siswi tersebut dalam menjawab soal sudah benar makanya kemungkinan mendapatkan jawaban salah dapat diminimalisir.Hal itu lah yang coba kami terapkan dalam proses pembelajaran hari ini.
Pada kelas 4SD,kami menanyakan kepada murid-murid tersebut siapa yang mengerjakan PR minggu lalu,kami sangat terkejut karena hampir seluruh siswa mengerjakan PR tersebut.Sehingga kami pun membagikan hadiah kepada siswa yang dapat menyelesaikan tugas nya.Pembelajaran pun kami mulai dengan membahas PR yang di berikan minggu lalu,setelah membahas PR,kami pun mulai mengajari anak-anak tersebut bagaimana memasukkan ordinal number ke dalam sebuah kalimat.Kami menuliskan lagkah-langkah tersebut di papan dan menerangkan cara-cara tersebut,lalu murid-murid tersebut menulisnya dalam buku catatan mereka.Setelah selesai mencatat,kami menyuruh semua murid untuk maju kedepan dan membuat sebuah kalimat dengan memasukkan ordinal number.Ada yang salah ada juga yang benar tetapi menurut kami wajar jika masih salah dalam menulis kalimat tersebut karena ini merupakan kali pertama mereka menulis sebuah kalimat dalam bahasa inggris dengan struktur yang benar.Waktu pun cepat berlalu dan sudah menunjukkan pukul 9.00 sehingga kami pamit dengan seluruh siswa-siswi SDN 06 dan tidak lupa mengucapkan banyak terimakasih atas kerjasamanya sehingga proses belajar mengajar dapat terlaksana dengan baik selama 6 minggu ini.Kami juga bertrimakasih kepada pihak sekolah karena telah memberikan kesempatan kepada kami untuk bisa berpartisipasi dalam mengajarkan materi ke murid-murid SDN 06.Akhirnya kami pun pamit kepada Guru-guru dan pulang kerumah kami masing-masing.
Penutup
Dari proses mengajar selama 6 minggu ini di SDN 06 kami melihat bahwa profesi guru SD bukan merupakan profesi yang dapat di pandang sebelah mata.Pasalnya,profesi guru SD merupakan profesi yang membutuhkan banyak hal,mulai dari kesabaran,kecedasan samapi dengan ketelitian.Kesabaran merupakan salah satu faktor yang menjadi pembelajaran bagi kami tersendiri bahwa memerlukan kesabaran yang sangat tinggi untuk dapat mengajar siswa-siswi SD.Bukan hanya kesabaran tetapi penyesuaian cara mengajar dan teknik mengajar juga menjadi pembelajaran bagi kami tersendiri.
Berikut Form Evaluasi Kegiatan :
Foto - foto :



Tidak ada komentar:
Posting Komentar